ULAR TANGGA
MATEMATIKA
A. Latar
Belakang
Bangun datar adalah salah satu
materi yang diajarkan secara mendalam mulai dari kelas IV, V, dan VI. Materi
ini bisa menjadi mudah apabila diajarkan kepada siswa yang cukup cerdas, namun
bisa menjadi sulit jika diajarkan kepada siswa yang kurang cerdas, karena
materi ini memerlukan pemahaman yang cukup dalam selain itu terdapat rumus yang
harus mereka hafalkan dan fahami.
Seorang guru tentunya menginginkan keberhasilan yang merata terhadap
seluruh siswa yang diajarnya sehingga tidak satupun siswa yang tertinggal
materi yang diajarkan. Namun melihat kondisi siswa yang berbeda kecerdasannya
sulit rasanya untuk mencapai target yang kita rencanakan. Maka perlu dibuat
suatu solusi/inovasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai
target yang kita rencanakan.
Dalam hal ini kami membuat suatu inovasi media pembelajaran berupa media
ular tangga yang berisikan gambar-gambar bangun datar, sedangkan dadunya
bertuliskan rumus bangun tersebut untuk mempermudah siswa dalam menghfalkan
rumus luas bangun datar..
Dengan adanya inovasi ini diharapkan siswa dapat belajar sambil bermain
dan tampa mereka sadari mereka telah menghafalkan rumus-rumus bangun datar
tersebut tanpa perasaan jenuh dan terpaksa.
B. Tujuan
Tujuan dari pembutan inovasi media
ini
antara lain:
1. Siswa dapat belajar sambil bermain sehingga siswa merasa
senang dengan materi yang kita ajarkan.
2. Siswa dapat menghafalkan rumus luas bangun datar tanpa
harus terbebani
3. Menanamkan prinsip bahwa pelajaran matematika
menyenangkan.
C. Manfaat
Manfaat dari inovasi ini, antara lain:
·
Mempermudah
siswa menghafalkan rumus luas bangun datar.
D. Tehnik Pembuatan
1. Gambarlah 100 kolom dengang ukurang yang sama, seperti
permainan ular tangga pada sebuah kertas manila berbentuk persegi.
2.
Buatlah salah satu gambar (segitiga, persegi, persegi panjang,
trapezium, belah ketupat, atau jajar genjang) pada masing-masing kolom sampai
kolom keseratus.
3.
Tambahkan gambar ular dan tangga seperti pada permainan ular tangga.
4.
Untuk pembuatan dadu, kita dapat membuatnya dari kardus yang kita bentuk
seperti kubus sesuai dengan keinginan kita.
5.
Bagian luar dadu tesebut kita tutupi dengan kertas putih.
6. Tulislah salah satu rumus bangun yang kita gambar pada
masing-masing sisi. Sisi yang satu dengan yang lain ditulis dengan rumus yang
berbeda..
E. Teknik Penyampaiyan
1. Siswa terlebih dahulu disuruh mencari dan mencatat
rumus luas bangun segitiga, persegi, persegi panjang, trapezium, belah ketupat,
dan jajar genjang.
2.
Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdapat 3-5
anggota (ular tangga yang kita buat harus sesuai dengan jumlah kelompok yang
kita bentuk)
3.
Setiap kelompok diberikan satu ular tangga dan satu dadu.
4.
Awal permainan, siswa diperbolehkan melihat catatan rumus yang mereka
tulis,, jika terasa sudah cukup lama siswa diharuskan menutup buku catatannya.
Jika
masih ada yang belum hafal rumus tersebut ketika permainan berlangsung, siswa
yang sudah hafal diperbolehkan untuk membantu.
F. Contoh Inovasi Media

Tidak ada komentar:
Posting Komentar