Jumat, 19 Juli 2013

Cara membuat media pembelajaran matematika (ular tangga Matematika)


ULAR TANGGA MATEMATIKA

A. Latar Belakang
                   Bangun datar adalah salah satu materi yang diajarkan secara mendalam mulai dari kelas IV, V, dan VI. Materi ini bisa menjadi mudah apabila diajarkan kepada siswa yang cukup cerdas, namun bisa menjadi sulit jika diajarkan kepada siswa yang kurang cerdas, karena materi ini memerlukan pemahaman yang cukup dalam selain itu terdapat rumus yang harus mereka hafalkan dan fahami.
Seorang guru tentunya menginginkan keberhasilan yang merata terhadap seluruh siswa yang diajarnya sehingga tidak satupun siswa yang tertinggal materi yang diajarkan. Namun melihat kondisi siswa yang berbeda kecerdasannya sulit rasanya untuk mencapai target yang kita rencanakan. Maka perlu dibuat suatu solusi/inovasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai target yang kita rencanakan.
Dalam hal ini kami membuat suatu inovasi media pembelajaran berupa media ular tangga yang berisikan gambar-gambar bangun datar, sedangkan dadunya bertuliskan rumus bangun tersebut untuk mempermudah siswa dalam menghfalkan rumus luas bangun datar..
Dengan adanya inovasi ini diharapkan siswa dapat belajar sambil bermain dan tampa mereka sadari mereka telah menghafalkan rumus-rumus bangun datar tersebut tanpa perasaan jenuh dan terpaksa.

B. Tujuan
     Tujuan dari pembutan inovasi media ini antara lain:
1.      Siswa dapat belajar sambil bermain sehingga siswa merasa senang dengan materi yang kita ajarkan.
2.      Siswa dapat menghafalkan rumus luas bangun datar tanpa harus terbebani
3.      Menanamkan prinsip bahwa pelajaran matematika menyenangkan.

C. Manfaat
     Manfaat dari inovasi ini, antara lain:
·         Mempermudah siswa menghafalkan rumus luas bangun datar.
D. Tehnik Pembuatan
1.      Gambarlah 100 kolom dengang ukurang yang sama, seperti permainan ular tangga pada sebuah kertas manila berbentuk persegi.
2.      Buatlah salah satu gambar (segitiga, persegi, persegi panjang, trapezium, belah ketupat, atau jajar genjang) pada masing-masing kolom sampai kolom keseratus.
3.      Tambahkan gambar ular dan tangga seperti pada permainan ular tangga.
4.      Untuk pembuatan dadu, kita dapat membuatnya dari kardus yang kita bentuk seperti kubus sesuai dengan keinginan kita.
5.      Bagian luar dadu tesebut kita tutupi dengan kertas putih.
6.      Tulislah salah satu rumus bangun yang kita gambar pada masing-masing sisi. Sisi yang satu dengan yang lain ditulis dengan rumus yang berbeda..

E. Teknik Penyampaiyan
1.      Siswa terlebih dahulu disuruh mencari dan mencatat rumus luas bangun segitiga, persegi, persegi panjang, trapezium, belah ketupat, dan jajar genjang.
2.      Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdapat 3-5 anggota (ular tangga yang kita buat harus sesuai dengan jumlah kelompok yang kita bentuk)
3.      Setiap kelompok diberikan satu ular tangga dan satu dadu.
4.      Awal permainan, siswa diperbolehkan melihat catatan rumus yang mereka tulis,, jika terasa sudah cukup lama siswa diharuskan menutup buku catatannya.
Jika masih ada yang belum hafal rumus tersebut ketika permainan berlangsung, siswa yang sudah hafal diperbolehkan untuk membantu.


F. Contoh Inovasi Media

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar