Rabu, 24 Juli 2013

PTK IPS Kelas II


oleh : Saptuyah, S.Pd.I. M.Pd
(telah digunakan untuk kenaikan pangkat tahun 2013)
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah         
         Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan denganisu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS,peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi social masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
         Adapun tujuan mata pelajaran IPS yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
3.  Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
              

Jumat, 19 Juli 2013

Cara membuat media pembelajaran matematika (ular tangga Matematika)


ULAR TANGGA MATEMATIKA

A. Latar Belakang
                   Bangun datar adalah salah satu materi yang diajarkan secara mendalam mulai dari kelas IV, V, dan VI. Materi ini bisa menjadi mudah apabila diajarkan kepada siswa yang cukup cerdas, namun bisa menjadi sulit jika diajarkan kepada siswa yang kurang cerdas, karena materi ini memerlukan pemahaman yang cukup dalam selain itu terdapat rumus yang harus mereka hafalkan dan fahami.
Seorang guru tentunya menginginkan keberhasilan yang merata terhadap seluruh siswa yang diajarnya sehingga tidak satupun siswa yang tertinggal materi yang diajarkan. Namun melihat kondisi siswa yang berbeda kecerdasannya sulit rasanya untuk mencapai target yang kita rencanakan. Maka perlu dibuat suatu solusi/inovasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai target yang kita rencanakan.